satwa-satwa di Unhas

tulisan ini saya tulis berdasarkan hasil pengamatan ketika saya lari pagi, Senin (10/01). dimulai dari Rektorat Unhas, saya mulai berlari. awalnya lambat, tapi lama-lama kecepatanku bertambah..
iseng, aku terus memperhatikan keadaan sekeliling yang masih tampak lenggang. maklum, hari ini mahasiswa masih libur. ada yang pulang kampung, masih tidur atau memang malas keluar. hehehe.
waktu menunjukkan pukul 06.00, waktu yang sangat baik untuk berolahraga. aku memang sudah mencanangkan program lari pagi setiap hari. mau kurus tapi tetap sehat. hehehe.
oia, balik ke ide awal. aku terus menyusuri jalan raya (entah bisa dibilang jalan raya atau tidak). mataku terus memandangi pohon-pohon Samanea saman yang tumbuh rindang. ketika sedang asik memperhatikan pohon, mataku tertuju pada seekor tupai / bajing yang meloncat. jujur, agak kaget ngeliat tupai di Unhas. apa mata ku yang emang udah rabun. hehehe.tapi, itu beneran seekor tupai / bajing. what a shock!!  ternyata masih ada hewan kayak gitu di sini.
perjalanan terus ku lanjutkan. tak lama, aku melihat ular hijau yang terbaring di tengah jalan. kasian. tak tega, akhirnya ku buang bangkainya ke pinggir jalan. satu hewan lain yang tak bisa bertahan hidup..
mungkin hari ini, adalah hari satwa. karena ketika aku berjalan, ke arah danau Unhas aku melihat ikan-ikan mengambang. entah karena apa. aku tak ingin berspekulasi lebih jauh.
ku pikir, hari hewan tidak akan berlanjut, ternyata aku masih terus bertemu dengan hewan. kali ini saya bertemu dengan burung-burung kecil disekitar danau dan pintu satu. acapkali kita tak menyadari bahwa kicauan burung-burung yang bertengger di pohon-pohon sangat menyejukkan hati. belum lagi tubuh burung yang indah, saya melihat ada yang berwarna hijau dan coklat..
bagi mahasiswa Unhas yang membaca ini, mungkin kalian awalnya sama seperti ku yang tidak menyadari bahwa masih banyak satwa-satwa yang “menggantungkan” hidupnya di Unhas.
jadi, open your eyes and save them!! jangan sampai tupai , ular, atau ikan tak lagi hadir mewarnai hari-hari kita.
ayo, kita lestarikan satwa liar di Unhas!!

5 thoughts on “satwa-satwa di Unhas

  1. Sindiran yang baik sekali…
    Membuat qt harus lbh aware dgn sekitar…
    q(^_~)p
    Semangat Terus ya!!!!
    d’tgu tulisan selanjutnya….

Leave a Reply

