How To Be A Professional Public Speaker????

sedikit ilmu dari Training of Public Speaking (ToPS)yang saya ikuti selama dua hari. hehehe.

menurut Pak Kahar (saya gag tau nama aselinya) retorika adalah suatu kesenian berbicara yang baik dan benar. Ia digunakan dalam proses komunikasi antar manusia. ada beberapa hal yang dipelajari dalam proses komunikasi

-imitatio , mencontoh orang-orang terkenal

-doctrina, mempelajari dan menggunakan hukum-hukum retorika

-exetium, melakukan latihan teratur

retorika berhubungan erat dengan dialektika, dimana dialektika bisa berarti mencari kebenaran lewat diskusi atau peredebatan.hmmm.. saya juga bingung dengan postulat diatas,, tapi saya tulis aja deh.. hahaha

saya paling suka dengan kutipan yang diberikan oleh beliau

Poeta Nascitur, Orator Fit

“seorang penyair dilahirkan, tapi seorang ahli pidato dibina”

sehabis materi dari Pak Kahar, giliran materi dari kak Idham. beliau membawakan materi about “How To Present Well?”. materi yang atraktif, saya suka dengan tipe pengajaran beliau. karena mirip dengan cara pembawaan materi saya di hadapan orang lain. he tells about how to manage yourself before presentation.

yang saya ingat dari beliau,, walau saya gag catat dengan baik tapi intinya seperti ini: proper presentation prevents poor presentation

5Ps,, adalah rumus yang selalu diingat oleh orang asing ketika mau melakukan presentasi. hm,, mimpi terbesar saya membawakan presentasi in English di depan orang banyak. isu yang saya bawakan tentang Kelautan.. hehhe.. Marine Ministry,, Insya Allah…

lanjut di hari kedua ya….

Leave a Reply

