hal kecil tidak selamanya sepele

Suatu hari, pada malam hari, atau mungkin bisa saya sebut pagi. Saya dan ketiga teman saya pergi jalan-jalan menuju daerah permukiman di Jl Cendrawasih. Saat itu ada tugas keredaksian yang menuntut kami pergi kesana. Alhasil, kami berempat terbagi untuk naik dua motor.

Sebelum berangkat, karena tidak ada helm lagi di rumah kecil (baca identitas), saya menyarankan teman saya agar tidak menggunakan pelindung kepala itu. “ah, malam-malam begini tidak akan ada polisi. Rajin banget pak polisi mau nilang malam-malam,” ujarku pada saat itu.

Perjalananpun kami mulai, saya sempat berputar-putar keliling kota Makassar yang terbilang lenggang pada saat subuh (jam 3 pagi). setelah berjalan-jalan, kami pun menunaikan tugas tersebut. tak perlu saya jelaskan secara detail, tugas apa itu.. heheh..Dan akhirnya tugas kami pun selesai.

Ketika dalam perjalanan pulang, saya dan teman saya yang saya bonceng, melewati lampu merah. Terjadilah perdebatan diantara kami, apakah pada jam segini, bisa untuk melewati lampu merah tanpa mengindahkan warna merah yang jelas terlihat.

Kami berdua sama-sama ngotot tentang bagaimana menyikapi hal ini. Saya berpandangan bahwa, inilah yang sekarang terjadi di Indonesia, banyak warganya yang menyepelekan hal seperti ini. Dan seharusnya kita mencontoh Jepang yang walau dalam keadaan sangat sulit, mereka masih selalu membudayakan antri.

Teman saya pun tak mau kalah, dalam argumennya ia mengatakan, “untuk apa ikut dalam prosedur, kalau itu membuat lambat? Contoh saja di Rumah Sakit, orang yang seharusnya bisa ditolong, tapi malah meninggal karena prosedur di RS yang sangat lambat. Urus ini lah, urus itu lah,” ujarnya dengan bersemangat.

Ketika sedang asyik bertukar pendapat, hal yang tidak diinginkan terjadi..

Ada mobil patroli yang merazia pengguna kendaraan, dan pada saat itu, teman saya tidak menggunakan helm. Akhirnya, kami pun mencari jalur tikus walau sempat tersasar. Di dalam perjalanan mencari jalur alternative, kami selalu tertawa terbahak-bahak.

Ternyata, hal yang dianggap kecil tidak bisa disepelekan. Dan kami merasa, bahwa polisi pada subuh ini memberikan pelajaran berarti, bahwa tak selamanya menggunakan helm itu hanya pada jam-jam tertentu saja.

Leave a Reply

