Wisata Kota Makassar #1

Kota Makassar atau yang biasa disebut dengan KOta Daeng memiliki sejuta pesona. entah mulai dari orangnya, gedungnya, langitnya, pantainya, dan lain sebagainya.

gue ud tinggal di kota ini sekitar tiga tahun. sejak tahun 2008, gue pindah sendirian ke kota panas ini. dan akhirnya gue mempelajari kota ini dengan baik.

hari ini, gue, rio, arif, rahmadi, ancha, dan haerul naik mobil keliling kota Makassar. tidak keseluruhan, tapi kita datang di beberapa tempat wisata kota.

Target 1

Benteng Fort Rotterdam

Benteng peninggalan Kerajaan Gowa Tallo yang pada awalnya bernama Benteng Jum Pandang. dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernam I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi Kallonna. Ketika didirikan benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros.

Di dalam kompleks benteng ini terdapat sebuah museum bernama La Galigo. museum yang berisi benda-benda bersejarah dari masa lampau seperti mata uang, keris, bata, pakaian adat, dan lain sebagainya.

Tahun 2010 lalu, pernah ramai desas-desus mengenai benteng yang akan dijadikan tempat wisata berupa losmen. namun, karena dukungan para pemerhati budaya, benteng ini tetap pada kondisi semula. tidak dijadikan losmen.

Untuk memasuki museum ini kita diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak kecil. Sedangkan uang parkir dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 2.000

Target 2

Gedung Kesenian Socitet de Harmonie

Rencana gue mau masuk ke dalam, tapi tadi, gedung tersebut sedang direnovasi. jadi, kami tidak bisa memasuki gedung bersejarah yang dibangun pada tahun 1896.

Gedung yang pada awalnya dibangun oleh Pemerintah Kolonial belanda ini difungsikan sebagai gedung kesenian. Namun, pada akhir-akhir ini tidak pernah digunakan sebagai teater pertunjukkan.

Target 3

Chinatown

Ketika memasuki daerah ini anda akan disuguhkan pemandangan sebuah gapura bertuliskan “Chinatown, Gerbang  Persaudaraan Indonesia-Tionghoa”.  Memasuki gapura ini, kita akan melihat sebuah kawasan yang tepat berdampingan dengan Pelabuhan Makassar ini adalah salah satu cikal bakal perkembangan empat etnis; Cina, Arab, Melayu, dan India/Pakistan, yang berdatangan ke Makassar sejak ratusan tahun yang lampau.

ketika perayaan tahun China, maka daerah ini akan banyak didatagi oleh turis yang ingin melihat kebudayaan cina.

Target 4

Masjid Agung Kota Makassar

Masjid yang mempunya luas 13.000 meter persegi ini menghabiskan dana pembangunan sebesar 1,2 juta. Dirancang oleh M Soebardjo dan diresmikan pada 25 Mei 1949. Masjid ini merupakan salah satu masijd terbesar se Asia Tenggara.

Di dalam masjid terdapat alquran raksasa yang meiliki diameter 1 x 1,5 meter. alquran jumbo ini dipasang permanen di lantai 2.

itu sedikit cerita mengenai wisata kota Makassar yang saya lakukan hari ini. insyALLAH akan ada laporan perjalanan selanjutnya.

🙂

One thought on “Wisata Kota Makassar #1

  1. Kota makassar menjadi tempat tujuan di Sulawesi salah satu tujuan favoritnya adalah pantai Losari selain bisa menikmati keindahan pantai kita juga bisa menikmati pisang epe yang di jual di sekitar pantai losari..

    share info Pariwisata kota Bandung klik http://www.bandungreview.com joint us on twitter : @bandungreview , Facebook : bandungreview.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s