Ramma Expedition (liburan part #3)

oke. kali ini gue akan bercerita mengenai perjalanan gue ke sebuah lembah indah bernama Ramma. Lembah hijau ini terletak di kaki Gunung Bawakaraeng. Untuk mencapai kesana, dibutuhkan waktu sekitar 6 jam. itupun dengan estimasi pendaki pemula, mungkin bagi pendaki yang sudah mahir bisa mencapai Ramma hanya dengan waktu 3-4 jam saja.

tim ekspedisi kali ini hanya terdiri dari 6 orang terpilih. heheh. gue, Arif, Dar, Andry, Rahmadi dan Mas Eko. tim kami bernama MENTAL (Mezeight Pecinta Alam) tapi karena ada tambahan dari angkatan lain, so kita berikan nama MY MENTAL alias Mas Yunianto dan Mezeight Pecinta Alam. hahah.

Jumat, 24 Juni 2011

Berdoa bersama sebelum berangkat

perjalanan dimulai dari kampus merah, kami berencana berangkat pukul 9.00 wita, tapi molor beberapa jam karena ada beberapa kendala. kami juga sempat menunggu Mas Andry yang punya urusan bersama Pak Abe di PPTK. alhasil kami berangkat pukul 11.00 Wita. tiga motor melaju. Gue berboncengan bersama Arif, Darmiati bersama Rahmadi, dan Andry bersama Mas Eko.

Memasuki daerah Gowa, kami singgah di rumah tantenya Andry untuk shalat jumat. gue dan Dar malah makan siang. hehe. Setelah kenyang dan siap melakukan perjalanan, kami pun kembali memacu gas. Kami pun tiba di daerah Lembanna sekitar pukul 16.00 Wita.

Lembanna itu sebuah kecamatan di Malino. 90 km dari kota Makassar. cukup melelahkan.. hehe. tapi ketika memasuki daerah Malino, kita akan disuguhi pemandangan hijau. dimana banyak pohon pinus tumbuh berjejeran. hmm. menyegarkan. udara disini juga relatif dingin. seperti Puncak di Bogor. heheh. (jadi kangen ama kampung halaman…).

Kalau di Lembanna sendiri, notabene penduduknya petani. mereka menanam pohon sayur mayur seperti tomat, kol, kubis, daun bawang, wortel, cabai, lobak, dan lain sebagainya. bisa dikatakan, daerah kawasan Malino merupakan sentra sayur mayur. hmm. bisa belanja sayur mayur dengan harga miring. heheh.

kembali ke cerita ekspedisi, kami pun melakukan persiapan. seperti mengeluarkan senter, memakai sarung tangan, dan lain sebagainya. dan kami pun mulai menaiki bukit…. dan sang waktu sudah menunjukkan waktu 16.40 Wita.

perjalanan kami tidak terlalu sulit. gue udah pernah ke Ramma tahun lalu bersama anak-anak Antropologi Unhas (baca : https://adliencoolz.wordpress.com/2010/07/15/catatan-perjalan-ke-ramma/). tapi, yang jadi sensasinya adalah mendaki malam. heheh. udah tau gue agak rabun kalu malam-malam, anak-anak masih maksa untuk tetap naik ke Ramma. huaaa.. akhirnya, kita istirahat dan buka tenda di sungai 3. perjalanan yang bener-bener lumayan. heheh.

oia, karena ada info dari Arif, kalau di Gunung Bawakaraeng gag boleh manggil nama aseli jadi kita semua punya nama samaran. gue jadi Coker, Andry jadi Ivo, Arif jadi Capung, Mas Eko jadi Bunglon, Rahmadi jadi Naga, dan Darmiati jadi Kumbang,. hahaha. gokil…

Sabtu, 25 Juni 2011

pagi-pagi langsung siap-siap. Naga malah mandi. gile. udara dingin kayak gini.. gue ama Kumbang cuman cuci muka terus boker deh. heheh. dan tim pun siap setelah waktu menunjukkan pukul 08.00 Wita. parahnya ketika tenda sudah di packing, tiba-tiba air hujan mengucur turun.

jadi kami pun melakukan perjalanan sambil hujan-hujannan. hahah. semua udah siap dengan barang masing-masing. kami pun terus berjalan, tanpa istirahat. tak sama dengan yang gue lakukan dengan anak antro. hehe. taun lalu selalu istirahat, sekarang mah boro-boro. kayak dikejar waktu. hehe.

tak terasa, kami pun sampai di puncak Tallung. alhamdulillah, ketika kami sampai tiba-tiba cuaca langsung cerah. dan pelangi pun muncul. waaaa… langsung deh kami foto-foto. heheh. puas kami foto-foto langsung turun ke lembah Ramma. sekitar satu jam kami membutuhkan waktu untuk turun ke lembah tersebut.

akhirnya kami sampai, kami pun langsung mencari tempat datar untuk membangun tenda. tempat yang tahun lalu gue tempatin. hmm. kenangan… cowok-cowok langsung memasang tenda. gue dan kumbang segera mempersiapkan makan siang. menu siang ini masih dengan mie kuah. hahah.

hujan pun masih menemani.. hingga akhirnya kami semua terlelap ditemani tingkah air hujan. hahah. jadi kita datang ke Ramma untuk tidur saja. dasar… malam pun datang, hujan masih deras. sampai tenda gue musti ditimba. cuz bocor.🙂

kami memasak mie kuah lagi. dinikmati. terus bercerita ngalor ngidul hingga akhirnya kami semua tertidur kembali. malam ini sangat dingin…..

Minggu, 27 Juni 2011

pagi pun tiba, hujan uda berenti. yippi. dan “panggilan alam” pun datang. jadi gue boker diantara semak-semak. dengan pemandangan menakjubkan, melihat gunung Bawakaraeng. keren banget. hehehe.

kami berkenalan dengan salah satu senior pendaki, namanya Kak ucok. orangnya lucu. dia juga yang mematahkan kepercayaan tentang mengganti nama. akhirnya kami pun kembali memanggil nama masing-masing. setelah makan nasi kari buatan mba Darmi dan roti bakar, kami pun preparing untuk pulang.cuz Dar dan mas eko mau KKN besok.

sebelum pulang, kami sempet foto-foto dulu. dasar.. tim gila foto. hahah. setiap sampai di pos, kita langsung foto-foto. pokonya foto never end. hahah.

kami pun tiba di Lembanna sekitar pukul 14.40 Wita. alhamdulillah…. kami langsung pamit meninggalkan rumah Tata Rasyid. belanja sayur mayur, dengan harga 20 ribu saya uda dapet banyak sayur mayur. belanja untuk buat capcay. hemmm..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s