Pasar Kaget ala Losari

Penjual Balon di Losari

Anjungan Losari adalah sebuah ikon kota Makassar. Terletak di bagian selatan Kota Makassar, Anjungan Losari menjadi salah satu alternatif berlibur bagi warga kota. Keunikan Anjungan Losari karena memiliki tulisan Pantai Losari yang selalu menarik untuk spot pengambilan gambar.

Seperti minggu pagi ini, saya menjadi salah satu masyarakat urban yang menikmati pagi di Losari. Tapi kali ini karena ada praktikum lapang mata kuliah Planktonologi Laut. Dengan berbekal Plankton Net, termometer, dan salinometer. Kami harus mencari plankton (renik/ hewan kecil yang berada di laut) dengan jenis crustacea.

Praktikum rencananya akan dimulai pukul 08.00 Wita, namun karena keadaan pagi ini tidak mendukung, alhasil praktikum agak ngaret. Hal ini dikarenakan adanya pasar kaget, yang membuat para peserta praktikum terhambat untuk memasuki daerah Losari. Selain itu, hari ini juga ada sepeda santai yang diadakam oleh walikota Makassar.

penjual makanan ringan

Karena itulah, saya dan arif, sempat melihat-lihat pasar kaget yang selalu ada di Losari setiap minggu pagi. Disini, selalu ramai oleh penjual yang menjajakan dagangan berupa makanan ringan, salad buah, susu kotak, pembersih motor, ikan hidup, hamster, bahkan obat-obatan. Penjual yang selalu berteriak-teriak mencari pembeli, membuat suasana Losari sangat hingar-bingar dengan teriakan masing-masing.

Walau begitu, saya menjadi salah satu penikmat pasar kaget ini, karena kendaraan bermotor dilarang masuk mulai pukul 05.00 – 10.00, membuat minggu pagi terasa segar. Banyak anak-anak, orang dewasa bahkan lansia ikut menjajal barang-barang yang dijajakan. Seperti bubur ayam, batagor, bakso goreng, salad buah, dan lain-lain.

Setelah berhasil melewati kerumunan pasar kaget dan memarkir motor di tempat parkir, saya sempat mencari susu kotak yang dijual murah. Indomilk yang sudah mau memasuki kadarluarsa dijual 15 ribu untuk 2 liter susu. Saya pun membelinya, karena lumayan untuk diminum ketika haus nanti. Hehehe.

2 thoughts on “Pasar Kaget ala Losari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s