Manfaat Tidur Malam

Salah satu syarat hidup sehat adalah cukup istirahat. Hal ini dilakukan antara lain dengan tidur malam. Bukan Cuma untuk memulihkan kebugaran tubuh, tidur malam menjadi waktu bagi sel-sel tubuh untuk melakukan regenerasi.

Beberapa penelitian pun menunjukan hal bahwa tidur malam yang kurang kerap dikaitkan dengan masalah obesitas atau kegemukan pada seseorang. Hal ini disebabkan orang yang mengalami sulit tidur biasanya akan mencari pelampiasan pada makanan. Mengudap pada malam hari seperti inilah yang lama-kelamaan akan mengarah pada obesitas jika tidak disiasati sedari dini.

Tidur yang kurang juga akan megurangi tingkat konsentrasi seseorang ketika harus beraktivitas keesokan harinya, sehingga mengggangu pekerjaan atau ketika menerima pelajaran di sekolah. Di samping itu, hal ini dapat memengaruhi mood seseorang, yang biasanya memunculkan perasaan negative seperti mudah marah. Tidak bersemangat atau menjadi lebih sensitive.

Diamini jika sebagian orang sulit mendapatka tidur malam yang berkualitas. Akan tetapi, hal ini dapat diusahakan, antara lain dengan membuat jadwal tidur yang sama setiap hari dan menjauhkan diri dari pekerjaan ataupun televise yang justru akan membuat diri terus terjaga.

Jika belum berhasil, cobalah untuk mengonsumsi susu. Atau anda juga bisa mengonsumsi madu sebanyak satu atau dua sendok makan disusul kemudian dengan minum segelas air putih hangat. Hindari the, apalagi kopi karena dua jenis minuman tersebut mengandung kafein yang justru akan membuat makin sulit tidur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s