Pemuda Jerman Malas Naik Mobil, Indonesia Kapan?

gue tergelitik untuk menulis setelah membaca sebuah berita internasional. berita tersebut membahas bahwa pemuda di Jerman enggan menggunakan mobil pribadi.http://id.berita.yahoo.com/generasi-muda-jerman-malas-miliki-mobil-pribadi-011536164.html . hal ini dilihat dari statistik pengguna kendaraan bermotor yang mulai menurun pada generasi muda. keengganan mereka untuk memiliki kendaraan pribadi karena transportasi umum sudah sangat baik.

walau negara ini pembuat mobil (Mercedes-Benz, BMW, dan Volkswagen), namun anak mudanya malas menggunakan mobil. sangat berbeda dengan negara kita, Indonesia. mobil pribadi bertebaran dimana-mana. membuat pusing pengguna jalan yang tidak menggunakan mobil. entah, apa karena mobil terlalu murah menurut ukuran orang Indonesia, atau apalah yang pasti kendaraan bermotor di Indonesia sudah sangat melebihi batas kewajaran.

kemudahan memperoleh kendaraan menjadi salah satu penyebab, selain itu buruknya sistem transportasi di Indonesia, menjadi alasan kuat kenapa banyak yang menggunakan kendaraan pribadi. tidak ramahnya pemerintah kepada pengguna jasa transportasi bisa dilihat dari angkutan umum yang ugal-ugalan tanpa, kereta api yang tak terawat, kapal yang selalu kelebihan penumpang. pemerintah terkesan mengabaikan keadaan ini dan selalu mencari keuntungan dari kegiatan ini.

transportasi umum yang belum ramah terhadap penggunannya bisa jadi salah satu alasan utama, kenapa rakyat ingin memiliki kendaraan pribadi. disini tugas pemerintah untuk memberikan kesadaran kepada rakyatnya untuk menggunakan kendaraan umum. kalau perlu para pejabat ikut naik busway, berdesakan di atas kereta, atau naik angkot yang ugal-ugalan. agar mereka merasakan sulitnya transportasi umum di Indonesia.

janjiku, jika saya terpilih menjadi Menteri Kelautan, saya akan naik angkutan umum bersama rakyat yang lain. karena seorang pejabat harus hidup seperti rakyat, tak ada kasta.

semoga…

2 thoughts on “Pemuda Jerman Malas Naik Mobil, Indonesia Kapan?

  1. Saya juga malas naik mobil, karena mobil itu bukan mobil saya ( terpaksa nebeng teman), dalam hati iri melulu selama perjalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s