Ayo, Urus Paspor!!

bismillah, rencananya gue mau buat pasport untuk persiapan ke luar negeri. insyAllah jika Allah SWT menghendaki gue keluar negeri tahun ini atau tahun-tahun kedepannya, jadi gue gag usah repot lagi urus paspor. hehehe. setelah gue baca buku “Panduan Sukses Orang Indonesia di Jepang”, gue jadi termotivasi untuk ngebuat paspor dan pergi ke negeri sakura. Sebuah negara yang emang udah gue canangkan untuk menginjakkan kaki disana. entah untuk KKN, S2, atau sekedar jalan-jalan. yang pasti gue mau kesana.😀
oia, setelah gue search di mbah Google, gue ketemu cara-cara ngurus pasport. berikut cara ngurus paspor untuk kita-kita yang masih awam soal beginian. hehehe.
let’s have a read….
gue ambil data dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7382096 katanya nii kita harus datang ke kantor imigrasi dengan membawa dokumen asli dan foto copynya seperti: KTP, KK, Akte lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor. terus Beli formulir pendaftaran passport baru. Klo diimigrasi Jakarta Utara formulir ini dijual di fotocopy sebelah kantor imigrasi, harganya Rp. 13.000,-. kalau untuk di Makassar harganya Rp 25.000 (ini kata temen gue yang baru pulang dari Jepang, Fadli).

terus antri dibagian pembuatan passport baru. Supaya cepat, sambil antri isi seluruh data diformulir yang baru dibeli tadi. hati-hati Calo ya, cuz banyak banget calo berkeliaran di kantor ini. terus daftar dibagian informasi dan Tunggu nama dipanggil untuk verifikasi data.
setelah dipanggil maka akan dilakukan Verifikasi data, disini akan diminta formulir pendaftaran passpor, dokumen asli dan foto copy KTP, KK, Akte Lahir, Ijazah, Surat Nikah dan Surat Rekomendasi dari kantor. Apabila data sudah OK akan diminta memfoto copy formulir yang sudah diverifikasi dan menyerahkannya kembali kepetugas imigrasi. terus diminta antri kebagian kasir untuk melakukan pembayaran. Untuk passpor dengan 48 halaman harganya adalah Rp. 255.000,-.
Setelah melakukan pembayaran disuruh antri lagi untuk mendapatkan bukti pembayaran dan nomor antri foto dan wawancara. Step berikutnya adalah foto dan wawancara. Klo wawancara OK, artinya passpor anda sudah disetujui. terus lu diminta tanda tangan di passpor . Setelah itu petugas akan meminta untuk datang 4 hari kerja kemudian untuk mengambil passpor (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tidak dihitung) .
H+4  datang diatas jam satu (ingat diatas jam 1). Langsung kebagian pengambilan passpor dengan menunjukan bukti pembayaran. Klo sudah jadi anda diminta memfoto copy halaman pertama dan terakhir passpor anda dan menyerahkannya kepada petugas. Passpor sudah jadi deh.. siap-siap untuk berangkat ke luar negerii.🙂

insyAllah…

One thought on “Ayo, Urus Paspor!!

Leave a Reply

