Wisata Kota Makassar #2

kan kemarin gue pernah mem-posting tulisan tentang Wisata Kota Makassar #1. nah, sekarang gue mau nyoba posting tentang wisata kota yang belum gue sempet tulis kemarin. hehehe.

setelah yang gue meresensi tentang China Town, Benteng Fort Rotterdam, dan Gedung Harmonie de Societeit, sekarang gue mau meresensi tempat lain yang mungkin sangat jarang dikunjungi oleh orang.πŸ™‚

1. Makam Raja-raja Tallo

Makassar berkembang dari sebuah wilayah kecil bernama Tallo. Di wilayah inilah jasad para pendiri Makassar terbaring. Jika ingin mencoba untuk menapak tilas dan memahami arti penting Makassar dalam sejarah peradaban nusantara, datanglah ke daerah Tallo. Jikalau bukan karena karena keberadaan komplek makam tersebut, mungkin orang tidak akan tahu bahwa di wilayah tersebut pernah berdiri kota raja-raja, cikal bakal Kota Makassar. Berada di muara Sungai Tallo, tempat bertemunya sungai besar itu dengan Selat Makassar.

Akses untuk ke Makam Raja-raja Tallo, lumayan mudah, karena terletak di dekat pintu nol (ramp) Tallo Jl Tol IR Sutami dan Jl Tol Pelabuhan. biaya masuk pun tak ada, cuman kotak amal di depan pintu masuk. isilah walau hanya seribu, demi ikut merawat kelestarian situs tersebut. hehehe

2. Benteng Somba Opu

situs ini pernah sangat terkenal karena ada permasalahan yang menyangkut keberlangsungan situs ini. Pada akhir tahun 2010, BSO sempat ramai dikabarkan di media karena adanya perubahan alih fungsi lahan. Yang awalnya menjadi situs sejarah, akan berubah menjadi tempat rekreasi berupa kolam renang. hhhh. dasar..

tapi, karena banyak penolakan dari berbagai pihak, akhirnya pembangunan terhenti. hingga sekarang kita masih bisa melihat sedikit bagian dari BSO. disini pernah berdiri sebuah benteng yang tak bisa ditaklukkan oleh bangsa penjajah. disini pula Makassar dikenal sebagai bangsa maritim yang sangat kuat pada masa-masa tersebut. hhh. kalau gue jabarin satu-satu bakalan panjang ceritanya. hehehe. pokoknya keren banget deh..

sekarang kita bisa melihat rumah-rumah tradisional seluruh Sulawesi Selatan, jadi kayak berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). bisa foto-foto dan narsis sedikit lah. hehehe

3. Desa Wisata Lakkang

nah, ini daerah yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. sebuah destinasi wisata yang masih tergolong sangat baru. disahkan pada tahun lalu untuk dijadikan sebagai desa wisata. Desa ini terletak di delta sungai Tallo. untuk menuju kesana kita butuh naik perahu yang ada di belakang Desa Kera-kera. dengan biaya 3 ribu kita pun bisa ikut mengangkut sepeda atau motor naik ke kapal.

kalau saya menyarankan untuk naik sepeda kesana, biar enak muter2 seisi desa. hehee. Yang menjadi andalan di desa ini adalah bunker bekas peninggalan Jepang. ada empat bunker yang masih bisa dilihat oleh wisatawan.

bunkernya udah ketutup tanah (tapi emang dibangun di bawah tanah sii, namany juga bunker.). tapi masih bisa dimasukkin lah. gelap didalamnya. dingin. kayak ada aura yang aneh-aneh.. (hallahh. kok jadi ngelantur.. )

tapi lumayan lah untuk mencoba “bernostalgia” ketika zaman penjajahan. hehehe.

Oke, segitu aja dulu tempat wisata kota yang gue rekomendasikan untuk dikunjungi kalau kamu datang ke Makassar. Nice Place and Nice Person. hehehe.

Have Fun at Kota Daeng,, Gag lengkap ke Kota Makassar tanpa nyoba wisata kotanya..

πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s