Fungsi Kartu Nama di Zaman Digital

Di zaman digital yang serba cepat dan canggih, seringkali kita melewatkan hal-hal yang terasa kuno. Sebut saja kartu pos, kartu nama, buku catatan, dan lain sebagainya. Padahal masih banyak hal-hal yang bisa berfungsi walaupun zaman sudah bergeser.

Karena itu saya ingin menjawab tantangan dari kartunama.net untuk membuat postingan blog “Kenapa kartu nama masih dibutuhkan dalam zaman digital seperti saat ini?”.

Saya ingat, pertama kali membuat kartu nama pada kelas 2 SMP di tahun 2004, saat itu kartu nama dianggap sesuatu yang ‘wah’. Padahal informasi yang dicantumkan hanya sebatas nama, tempat tinggal, dan nomor telpon rumah. Belum ada informasi pribadi seperti email, no handphone, ataupun alamat blog pribadi.

Kemudian ketika saya kuliah, saya menyadari bahwa kartu nama bisa menjadi sebuah personal branding yang mudah dan cepat. Bisa dibayangkan ketika menghadiri sebuah seminar dan mewawancarai seseorang, kita tidak perlu repot-repot mencari kertas dan pulpen untuk menuliskan no handphone dan email kita. Cukup dengan memberikan sebuah kartu nama kepada orang tersebut.

Desain kartu nama yang sesuai dengan passion kita pun sangat penting. Ketika kita menuliskan passion kita sebagai ‘reviewer’ tempat makan, otomatis tampilan kartu nama pun harus dibuat dengan menggunakan gaya foodies. Sama pula jika kita menuliskan passion kita sebagai ‘travel blogger’, citrakan juga kartu nama dengan gambar pemandangan.

Tak hanya itu pula kartu nama bisa menjadi pembatas buku. Hahah. Ini cerita asli sih, seringkali saya menghadiri peluncuran buku baru. Setelah bertanya macam-macam kepada sang penulis, biasanya mereka akan memberikan kartu nama. Nah, agar saya bisa ingat dengan no handphone, email, serta website mereka, seringkali saya gunakan kartu nama mereka sebagai pembatas buku.πŸ˜€

Ketika saya masuk dalam dunia kerja setahun yang lalu, kantor memberikan saya satu box kartu nama. walaupun

Bisa dapat undian gratis. Hahah. Ini juga cerita asli penulis, yang pernah ikut undian di sebuah resto. Pengunjung bisa memasukkan kartu nama sebagai tanda bukti pernah makan di resto tersebut. Itu adalah fungsi kartu nama menurut saya.πŸ˜€

Apa fungsi kartu nama menurutmu??

πŸ˜€

tulisan ini menjawab pertanyaan kartunama.net.πŸ˜€

ditulis di Kantor kak Agus, Pejaten

14 Agustus 2015, 21:24 WIB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s